Komunikasi Data UTS Ganjil 2014

1.Apa yang dimaksud dengan komunikasi ?
 Komunikasi adalah sebagai suatu sistem yang dipergunakan oleh seseorang atau lembaga dalam memberikan suatu pesan kepada seseorang atau lembaga dengan harapan yang menerima pesan tersebut melalui suatu peralatan mengerti isi pesan tersebut.

2.Sebutkan 4 keragaman komunikasi beserta penerapan keragaman komunikasi tersebut ?
 Komunikasi Audio: Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan atau tertulis. Contoh: Tape recorder, Telepon, dan radio. penerapannya : Kita bisa berkomunikasi dengan seseorang menggunakan telepon yang berbeda tempat tanpa harus ditempat yang sama.
 Komunikasi Visual: suatu rangkaian proses penyampaian informasi kepada pihak lain dengan menggunakan media penggambaran yang hanya kebaca oleh indra penglihatan. Penerapannya : Seni, Gambar, Grafik, Ilustrasi, dll.
 Komunikasi Audio Visual: Gabungan dari audio dan video dengan menvisualkan sekaligus mendengarkan isi pesan atau informasi dengan media penunjang. Penerapannya: televisi, VCD, DVD, Komputer, dll.
 Komunikasi Data : Transmisi atau proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih device (sumber). Contoh penerapannya yaitu gmail, twitter, gmail, wordpress, facebook.
3.Apa yang anda ketahui tentang komunikasi data ?
 Komunikasi Data : Pergerakkan data gabungan dari beberapa teknik pengolahan data, dimana telekomunikasi yang dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan. Contoh : gmail, wordpress, dll.
4.Sebutkan jenis jaringan komunikasi data ?
 MAN, WAN, LAN, Wireless, Internet, Peer to peer
5.Sebutkan jenis-jenis komunikasi data ?
a ) Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya.
b) Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya.
6. Apa yang dimaksud dengan protokol jaringan ?
 Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
7.Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Open System Interconnection (OSI) diperkenalkan oleh International Standard Organitation (ISO).
 Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda. Maka dari itu deh ISO tadi tuh inisiatif untuk membuat suatu standarisasi yang namanya kaya judul posting.
8.Sebutkan perangkat keras komputer untuk mendukung sebuah komunikasi jaringan ?
 Router, Bridge, Hub, Repeater, Kabel Jaringan, Konektor, Switch.
9.Gambarkan 7 lapisan osi dan jelaskan salah satu dari tujuh lapisan tersebut dengan menggunakan bahasa pembahasan anda masing-masing.

osi

saya akan menjelaskan Physical Layer yaitu berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, (seperti halnya ehternet atau tokenring) , topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu juga mengidentifikasikan bagaimana Network INterface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

One thought on “Komunikasi Data UTS Ganjil 2014

Leave a comment