Fungsi dari 7 Lapisan OSI, Penerapannya, dan Contoh Kehidupan dalam Kehidupan di sekitar/sehari-hari

image

1. PHYSICAL LAYER
berfungsi untuk mendefinisakan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan,( seperti halnya ehternet atau tokenring) , topologi jaringan dan pengkabelan.
2. DATA LINK LAYER
berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai Frame, selain itu pada level ini terjadi koreksi kesalahan,flow control, pengalamatan perangkat keras.
3. NETWORK LAYER
berfungsi untuk mengidentifikasi alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet working dengan menggunakan router & switc layer-3.
4. TRANFORT LAYER
berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali ke nomor tujuan setelah diterima.
5. SESSION LAYER
berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau dihancurkan. Selain itu juga dilakukan resolusi nama.
6. PERSENTATION LAYER
berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak di tranmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
7. APLICATION LAYER
berfungsi sebagai antar muka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan kesalahan. Protokol yang berada di lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP dan NFS.

Penerapan Session Layer adalah
~pesan email tersebut akan menggunakan Operating System untuk membuka sebuah session untuk komunikasi antar host.

Contoh penerapan Session Layer dalam kehidupan di sekitar :
• yaitu termasuk pencatatan pada host saat user
sedang pada jaringan atau session sedang menyusun
untuk kegunaan transfer file.

2 thoughts on “Fungsi dari 7 Lapisan OSI, Penerapannya, dan Contoh Kehidupan dalam Kehidupan di sekitar/sehari-hari

Leave a comment